Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

menyambut-ramadhan

Ramadhan sebentar lagi, bulan yang penuh rahmat nan berkah. Bulan suci yang selalu dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia ini. Lantaran di bulan Ramadhan inilah segala rahmat dan keberkahan datang serta bulan untuk pengampunan. Dikarenakan bulan Ramadhan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam untuk mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.

Namun, di bulan Ramadhan seseorang harus membutuhkan bekal intelektual dan pengetahuan yang cukup untuk bisa menjadi orang yang berpuasa sesungguhnya sehingga bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja.

Oleh karena itu, kita perlu melatih mengendalikan emosi dan syahwat sebelum memasuki gerbang Ramadhan, persiapan fisik yang cukup juga perlu dipersiapkan agar jasad tetap dalam kondisi prima saat menjalani shaum atau puasa. Selain itu, menyesuaikan pola makan, pola tidur, dan istirahat sesuai bulan Ramadhan juga dapat dipersiapkan sebelumnya. Berolahraga yang cukup dan memilih jenis makanan yang dapat menunjang kesehatan.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yakni sebagai berikut:

Perbanyak Doa dan Amalan

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan kita hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah. Selain berdoa, kita juga perlu memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat kita lakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi.

Bertaubat

Manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Dengan memohon ampunan-Nya, kita akan mendapatkan ketenangan batin sehingga akan lancer dalam menjalankan ibadah puasa nantinya. Bertaubat dalam hal ini bukan hanya dalam lisan, namun juga harus dibuktikan dengan perbuatan.

Menguatkan Niat

Sebelum bulan Ramadhan datang, kita harus memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya mencari Ridho dari Allah SWT, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan diri hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Mempersiapkan Ilmu Agama

Ibadah Ramadhan akan lebih maksimal jika kita mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan, terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan, seperti hikmah puasa Ramadhan, solat tarawih, membaca Al-Quran, Iktikaf di masjid, dan Zakat Fitrah.

Kita dapat mengetahui ilmu yang akan menjadi bekal Ramadhan nantinya melalui banyak cara. Bisa dengan mengikuti kajian atau majelis ilmu, membaca buku tentang Ramadhan, bertanya kepada ahlinya, bisa juga mencari melalui media digital seperti internet. Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan, maka kita akan lebih siap dalam melaksanakan amalan-amalan di bulan suci Ramadhan.

Mempersiapkan Fisik

Puasa merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang prima. Orang yang fisiknya kuat maka akan lancar dalam menjalankan puasa. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan fisik kita untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar dengan tetap melakukan aktivitas kerja seperti biasa karena,

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah

(HR.Muslim, Baihaki, Ibnu Majah)

Mempersiapkan Harta

Mempersiapkan harta di bulan Ramadhan bukan berarti untuk membeli makanan yang banyak, melainkan untuk amal ibadah seperti infak/shadaqah, zakat mal maupun zakat fitrah, atau memberi makanan buka puasa untuk orang lain.

Dengan melakukan persiapan di atas semoga ibadah kita di bulan Ramahan nantinya akan lebih maksimal dan tentunya mendapat pahala dari Allah Ta’ala. 

Membayar Puasa Sebelumnya

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk mengganti hutang puasa di Ramadhan sebelumnya. Puasa yang kita tinggalkan di Ramadhan sebelumnya wajib diganti, kecuali bagi orang yang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah. Jangan sampai kita lupa menggantinya ya.

Demikian hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan, semoga bermanfaat dan semoga senantiasa kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan berikutnya.

You May Also Like
hijrah-zaman-now
Read More

Konsep Hijrah Zaman Now

Menjadi muslim muhajir yang hakiki. Di antara hal yang membahagiakan adalah maraknya tren hijrah di sosial media, terutama di kalangan para…