Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Perawatan Kulit

kesalahan perawatan kulit

Setiap wanita pastinya menginginkan yang terbaik untuk merawat  kulitnya, sehingga seringkali mereka mencoba berbagai perawatan kulit yang terkadang masih kurang dipahami tentang tata cara penggunaanya dan efek sampingnya. Maka dari itu banyak dari wanita yang justru mengeluhkan adanya permasalahan di wajahnya, padahal sudah berusaha untuk selalu merawatnya. Sebaiknya cobalah untuk menyimak beberapa informasi mengenai kesalahan yang harus dihindari saat melakukan perawatan kulit, berikut ini.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Perawatan Kulit.

1. Terlalu Sering Berganti-Ganti Produk Kosmetik.

Banyaknya produk kecantikan pada masa sekarang ini, sering membuat orang menjadi bingung dalam memilihnya. Dan banyak pula yang akhirnya sering mencoba-coba untuk berganti produk kosmetik. Padahal untuk melihat efek dari sebuah produk kosmetik ini, kulit membutuhkan waktu paling tidak 3 bulan. Sehingga jika sering sekali mencoba berganti-ganti kosmetik justru akan membuat kulit wajah menjadi rusak, dan berjerawat.

2. Salah Dalam Memilih Pelembab.

Sebaiknya saat memilih produk pelembab disarankan yang didalamnya juga mengandung tabir surya. Dan gunakan juga krim malam agar perawatan lebih optimal. Hindari mengoleskan pelembab di area mata, karena akan membuat penyumbatan yang dapat menimbulkan bintik berwarna putih.

3. Memakai Anti Aging Sebelum Waktunya.

Jangan terburu-buru memakai krim anti penuaan sebelum datang waktunya. Karena efeknya justru akan berbahaya bagi kulit. Zat yang terkandung di dalamnya akan berkonsentrasi dengan tinggi, sehingga akan membuat pengelupasan kulit. Dan jika sebelum waktunya sudah dipakai, maka kulit menjadi tipis dan rapuh.

4. Kesalahan Saat Menggunakan Retinol .

Retinol berguna untuk mencerahkan dan mengatur tekstur kulit, mengobati masalah jerawat dan juga anti pigmentasi. Jika tidak menyesuaikan dengan pemakaian yang tepat maka bisa mengiritasi kulit, sedangkan kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehadiran zat retinol ini, maka hindari memakai retinol jika usia masih terlalu muda.

5. Menggunakan Masker Wajah Tidak Menyesuaikan Jenis Kulit.

Seharusnya jika hendak memakai masker wajah maka cobalah untuk memilihnya dengan benar. Sesuaikan dengan kondisi kulit, karena bahan-bahan disetiap masker berbeda dan memang sudah diatur dan disesuaikan untuk jenis kulit masing-masing.

6. Tidak Teratur Menggunakan SPF.

Sebaiknya dalam menggunakan SPF ini tidak harus menunggu akan keluar rumah atau saat cuaca saat panas. Pakailah SPF ini setiap hari pada siang hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, meskipun kondisi cuaca sedang teduh sekalipun.

7. Memakai Tisu Wajah.

Saat akan meneringkan wajah biasanya selalu memanfaatkan tisu untuk menyekanya. Padahal ada beberapa tisu wajah yang di dalamnya terkandung bahan-bahan kimia serta alkohol yang dapat membuat kulit bagian terluar menjadi kering. Apabila dalam menggosok bagaian wajah menggunakan tisu ini terlalu kuat, maka dapat mengakibatkan iritasi.

8. Tidur Tanpa Membersihkan Make up.

Seringkali rasa malas setelah beraktivitas membuat lupa untuk mencoba membersihkan make up saat hendak tidur. Padahal tidur dengan make up masih menempel dikulit dapat menjadi penyebab masalah jerawat dan juga pori-pori yang besar.

9. Kesalahan Dalam Menggunakan Serum.

Hindari memakai serum yang terlalu pekat, dan cobalah untuk mengencerkan serum tersebut dengan pelembab saat akan dipakai.

10. Pengelupasan Dengan Berlebihan.

Jangan terlalu berlebihan dalam melakukan pengelupasan kulit, karena dapat membuat kulit kemerahan, iritasi dan membuat kulit berminyak. Lakukan pengelupasan kulit paling tidak satu minggu sekali.

1 Shares:
You May Also Like