Karakteristik Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah

keluarga-samawa

Keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah adalah istilah sekaligus doa yang sering kali dipanjatkan dan diharapkan oleh para muslim yang telah menikah dan membina keluarga. Keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah tentunya bukan hanya sekadar semboyan belaka dalam ajaran Islam. Hal ini menjadi tujuan dari pernikahan sekaligus nikmat yang Allah berikan bagi mereka yang mampu membina keluarganya.


Pada intinya, dalam berumah tangga, pasangan harus mampu mengetahui cara menjaga keharmonisan dalam berumah tangga  sehingga tidak terjadi kekacauan. Berikut merupakan ciri-ciri atau karakterstik yang bisa menggambarkan seperti apakah keluarga tersebut.

  1. Terdapat cinta, kasih sayang, dan rasa saling memiliki yang terjaga satu sama lain.
  1. Terdapat ketenangan dan ketentraman y­ang terjaga, bukan konflik atau mengarah pada perceraian.
  2. Keikhlasan dan ketulusan peran yang diberikan masing-masing anggota keluarga, baik peran dari suami sebagai kepala rumah tangga, istri sebagai ibu juga megelola amanah suami, serta anak anak yang menjadi amanah dari Allah untuk diberikan pendidikan yang baik.
  3. Kecintaan yang mengarahkan kepada cinta Illahiah dan Nilai Agama, bukan hanya kecintaan terhadap makhluk atau hawa nafsu semata.
  4. Jauh dari ketidakpercayaan, kecurigaan, dan perasaan was-was antar pasangan.
  5. Mampu menjaga satu sama lain dalam aspek keimanan dan ibadah, bukan saling menjerumuskan atau saling menghancurkan satu sama lain.
  6. Mampu menjaga pergaulan dalam Islam, tidak melakukan penyelewengan apalagi pengkhianatan sesama pasangan.
  7. Terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dalam keluarga mulai dari rezeki, kebutuhan dorongan sexual, dan rasa memiliki satu sama lain
  8. Mendukung karir, profesi satu sama lain yang diwujudkan untuk sama-sama membangun keluarga dan membangun ummat sebagai amanah dari Allah SWT.
You May Also Like