Hukum Bagi Lelaki yang Membuat Wanita Menangis

hukum-membuat-wanita-menangis

Segala hukum Islam tentu tidak dinilai hanya dari aspek perilaku atau aktivitas saja. Islam juga melihat niat dan orientasi dari perilaku yang dilakukan. Aktivitas yang baik belum tentu bernilai baik jika orientasinya untuk keburukan.

Misalnya saja, memberikan sedekah pada faqir miskin namun berorientasi untuk pamer atau memiliki kepentingan politik tertentu. Hal seperti ini tentu perlu dikaji dulu. Termasuk hukum bagi lelaki yang membuat wanita menangis.

Lelaki yang membuat wanita menangis tentu ada berbagai sebab. Baik dari aspek laki-laki atau memang wanitanya. Mengingat bahwa wanita juga memiliki sensitivitas dan juga perasaan yang tinggi maka perlu dicari tahu terlebih dahulu apakah sebab menangis dari laki-laki atau memang perempuannya yang sering menangis.

Untuk itu dapat diperhatikan dari berbagai aspek yang ada. Berikut adalah penjelasan mengenai hal tersebut.

  • Dilihat dari Orientasinya

Orientasi laki-laki menangisi wanita tentu bisa berbagai macam. Misalnya saja memang sengaja menangisi utnuk hal-hal yang tidak diinginkan wanita:

  • Berniat Untuk Menyakiti.
  • Berniat untuk berlaku jahat.
  • Berniat untuk membuat wanita terluka hatinya.

Tentu saja hal-hal tersebut dilarang jika orientasinya untuk menyakiti atau membuat wanita menjadi marah. Akan tetapi, berbeda jika orientasinya untuk mendidik, memberi tahu, menjadikan wanita memiliki aspek moral yang lebih baik lagi. Artinya tujuan yang membawa kebaikan tentuk tidak masalah, karena berujung kepada wanita-nya yang nanti akan mengalami perubahan. Apalagi jika pendidikan terhadap istri tersebut sesuai dengan rukun iman, rukun Islam, Iman dalam Islam, hubungan akhlak dengan iman Islam dan ihsan, dan hubungan akhlak dengan iman.  

  • Dilihat dari Sebab Wanita Menangis

Dilihat dari sebabnya wanita bisa saja menangis karena ia yang disakiti atau hal-hal yang membuat ia sensitif. Tentu saja jika hanya karena sentiif, atau hal biasa namun dibuat menangis hal ini bukan salah dari laki-laki. Tentu laki-laki juga tidak bersalah atas hal tersebut.

Untuk itu, sebagai ingatan kita sebagaimana yang disampaikan dalam Al-Quran, “dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis,”

Segala sesuatunya, baik tertawa atau menangis datang dari Allah SWT. Syukurilah segala macam nikmat-Nya karena semuanya memiliki tujuan yang telah Allah tetapkan sesuai dengan tujuan penciptaan manusia, proses penciptaan manusia, hakikat penciptaan manusia, konsep manusia dalam Islam, dan hakikat manusia menurut Islam sesuai fungsi agama.

0 Shares:
You May Also Like
sifat-wanita
Read More

6 Sifat Wanita yang Wajib Diwaspadai

Inilah enam sifat wanita muslimah yang mesti dijauhi. Dalam Ihya’ Ulum Ad-Diin, Imam Al-Ghazali rahimahullah menyebutkan: قَالَ بَعْضُ العَرَبِ (لاَ تَنْكِحُوا…