Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Saat Menjelang Menstruasi

cara cegah jerawat

Masalah jerawat pada wajah memang seringkali menjadi keluhan bagi banyak orang, baik untuk kaum wanita maupun kaum pria. Namun biasanya kaum wanita ini lebih terlihat kerepotan dengan masalah jerawat yang tumbuh pada wajahnya. Masalah jerawat dapat dipicu oleh beberapa hal diantaranya adalah karena faktor makanan, pemakaian produk kosmetik yang kurang tepat, malas membersihkan wajah, tumpukan debu, kotoran dan masih banyak lagi pemicu timbulnya masalah jerawat ini. Dan untuk kaum wanita khususnya, yang biasanya harus berhadapan dengan masalah jerawat akibat terjadinya perubahan hormon saat menjelang menstruasi.

Biasanya wanita sering merasa bingung untuk bisa mencegah datangnya masalah jerawat menjelang menstruasi ini, sebab pengaruhnya datang dari dalam tubuh. Bahkan banyak wanita yang tidak melakukan pencegahan apapun terhadap masalah jerawat ini, karena memang sudah menjadi hal yang wajar jika saat menstruasi datang pastinya jerawatpun ikut datang.

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya tidak hanya masalah jerawat biasa saja yang dapat kita cegah kehadirannya, namun ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk bisa mencegah timbulnya masalah jerawat menjelang masa mentruasi. Langkah apa saja yang bisa kita lakukan? Mari ikuti ulasan lebih jelasnya berikut ini.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Saat Menjelang Menstruasi.

1. Rajin Membersihkan Wajah.

Sama halnya dengan cara mencegah masalah jerawat pada umumnya, langkah untuk menghambat pertumbuhan jerawat menjelang mesntruasi juga menuntut kita untuk selalu rajin membersihkan wajah. Cucilah wajah minimal dua kali dalam sehari menggunakan sabun muka yang tepat. Jangan memakai sabun pembersih muka yang memiliki kandungan scrub, karena scrub ini justru akan memperparah kondisi jerawat.

2. Mengkonsumsi Suplemen Bernutrisi.

Masalah munculnya jerawat menjelang menstruasi juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi suplemen bernutrisi secara rutin. Suplemen ini akan membantu mencegah datangnya masalah jerawat saat akan menjelang dan pada saat menstruasi. Pilihlah suplemen bernutrisi yang memiliki kandungan mineral seng atau zinc di dalamnya, karena mineral ini terbukti mampu mengurangi masalah jerawat diwajah.

3. Pemilihan Produk Kosmetik.

Untuk mencegah timbulnya masalah jerawat menjelang menstruasi dapat dilakukan dengan memilih produk perawatan wajah dan juga kosmetik yang tidak banyak mengandung minyak. Karena kandungan minyak berlebih di wajah akan cepat membuat masalah jerawat ini datang mengahampiri wajah kita.

4. Mengkonsumsi Pil KB.

Dan langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk bisa mencegah masalah jerawat pada wajah saat mentruasi adalah dengan mengkonsumsi pil KB. Hal ini dikhususkan bagi anda wanita yang sudah menikah dan ingin menunda kehamilan. Diketahui bahwa pil KB ternyata dapat mengurangi timbulnya permasalahan jerawat saat menstruasi ataupun diluar waktu mestruasi ini. Pil KB ini dapat mengurangi timbunan lemak di lapisan kulit serta mampu menurunkan tingkat hormon androgen di dalam tubuh yang dikenal sebagai hormon pemicu timbulnya masalah jerawat.

Demikian beberapa cara mencegah timbulnya jerawat menjelang masa menstruasi yang bisa membantu kita dalam mengatasi permasalahan wajah yang satu ini.

0 Shares:
You May Also Like