Apa Sebenarnya Arti Jumat Mubarok Itu?

arti-jumat-mubarok

Media sosial saat ini sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, apalagi kaum millenial. Penggunaan medsos semakin memudahkan kita dalam berinteraksi jarak jauh dan juga mendapatkan informasi.

Ada yang tak ketinggalan dari pemanfaan medsos­­-yakni update status. Nah, yang saya sorot disini ialah status yang biasanya dibuat pada hari Jumat. #Jumat Mubarok atau #Jumat Berkah menjadi salah satu trending di twitter maupun instagram ketika hari Jumat.

Postingan pengguna medsos tidak jauh-jauh dari ‘Jumat’. Segala yang berkaitan dengan hari Jumat biasanya diposting di akun masing-masing pemakai. Bahkan tidak hanya laki-laki yang meng-update status tentang Jumat Mubarok. Perempuan pun tak jarang ikut melakukan. Sehingga, hastag tersebut kian menghiasi dunia jagad maya.

Gambar-gambar yang disuguhkan tak ketinggalan menginformasikan bahwa Jumat memang hari dengan penuh keberkahan. Misalnya saja, Jumat kali ini cuaca cerah, saya mendapat hadiah dari seseorang, suasana tempat ibadah, dan lain-lain.

Secara bahasa, Jumat Mubarok terdiri dari dua kata, yakni Jumat dan Mubarok. Berikut arti dari kata Mubarok:

Berkah-berasal dari bahasa Arab: barokah, artinya nikmat(Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Kemudian istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah merupakan “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni bertambahnya kebaikan (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Lalu kenapa harus ada Jumat Mubarok? Apa sebenarnya maknanya? Secara umum, sebagaimana yang telah disinggung diawal, bahwa Jumat Mubarok berarti Jumat berkah. Maksudnya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Sebab, hari Jumat merupakan hari khusus untuk memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan seseorang.

Untuk itu, kita sangat dianjurkan berbuat baik, khususnya di hari Jumat. Senantiasa mengisi hari-hari dengan memperbanyak membaca al-Qur’an, surah al-Kahfi, bersedekah, dan bekerja semaksimal mungkin. Karena pahalanya pun in Sya’aAllah akan dilipatkgandakan oleh Allah SWT.

Dalam suatu riwayat, dijelaskan bahwa hari Jumat adalah Hari Raya umat muslim:

“Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum Muslimin.” (HR Ibnu Majah dan ath-Thabrani)

Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Hari jum’at juga termasuk salah satu waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah Swt. Maka dari itu, kita sebagai umat Islam dalam menyikapi waktu-waktu mustajab tersebut untuk berdoa dan harus digunakan semaksimal mungkin. Senantiasa memohon kebaikan agar diampuni dan dikabulkan doa-doa kita. Diberi keberkahan dalam kehidupan kita.

Semoga kita mendapat taufiq dari Allah untuk bisa menjalankan amal kebaikan khususnya di hari Jumat dengan istiqamah.

You May Also Like
Jumlah-Para-Nabi-dan-Rasul
Read More

Jumlah Para Nabi dan Rasul

Iman kepada para Nabi dan Rasul merupakan salah satu landasan keimanan. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman: قُلْ آمَنَّا بِاللَّهِ…