Apa Itu Takdir Mu’allaq?

Pengertian Qadar Muallaq

Takdir muallaq adalah takdir yang sudah tertulis tetapi bisa saja tetap atau bisa dirubah dengan kehendak dari Allah sebagai Tuhan kita, bergantung dari usaha-usaha yang dilakukan oleh manusia. Karena kata muallaq sendiri memiliki makna bergantung. Contoh-contoh takdir ini di antaranya bodoh dapat menjadi pintar, yang miskin bisa menjadi kaya, bisa berubah salah satu cara di antaranya dengan do’a.

Seperti dalam hadist nabi:

“Tidak boleh ditolak ketetapan Allah Taala kecuali dengan doa. ..” doa memiliki kekuatan lebih baik itu dari segi karunia yang diberikan oleh Allah secara langsung maupun terhadap dirinya yang semakin yakin akan dikabulkan doa sehingga benar-benar menjadi kenyataan.

Dalil penguat tentang pentingnya doa juga terdapat di dalam dalil naqli, Al-Quran Surat Al-Mu’min ayat 60,

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S. Al-Mu’min: 60)

Maksudnya adalah kita dianjurkan untuk berdoa karena dengan doa seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. Allah senang dengan orang suka memohon kepadanya, dan membenci orang yang takabur (sombong) menganggap dirinya mampu, orang tersebut akan dimasukkan ke dalam api neraka.

You May Also Like
definisi-kufur-dan-jenisnya
Read More

Definisi Kufur dan Jenisnya

Definisi Kufur Kufur secara bahasa berarti menutupi. Sedangkan menurut syara’ kufur adalah tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya,…