6 Keutamaan Membaca Doa Kanzul Arsy

keutamaan-doa-kanzul-arsy

Doa kanzul arsy atau bisa disebut juga sebagai kanzul arasy, merupakan salah satu doa yang kerap dipanjatkan karena dipercaya memberikan fadhilah, faedah, dan manfaat.

Diketahui dalam bacaan doa tersebut, dapat ditemukan nama-nama Nabi seperti Ibrahim, Ismail, Yusuf, bahkan juga hingga istri Fir’aun. Doa satu ini, memiliki banyak manfaat dan faedah jika rutin dibaca.

Lantas apa saja manfaat tersebut? Yuk simak dalam ulasan ini.

Sebelum kita ketahui tips atau keutamaan membaca doa kanzul Arasy, mari kita simak dulu doanya di Doa Kanzul Arsy Lengkap.

Enam Keutamaan Membaca Doa Kanzul Arsy, menurut Ustad Mustamin Sidiq:

1. Meningkatkan iman kepada Allah SWT

Diketahui, dalam bacaan kanzul arasy terdapat banyak pengulangan kalimat tahlil dan doa pujian untuk Allah SWT. Seperti pengulangan kalimat “Laa ilaah Illa Allah”di awal doa dan pujian pujian lainnya. Di mana, dengan semakin sering melantunkan doa dan pujian kepada Allah, maka diri akan semakin dekat dengan Pencipta alam semesta ini. Sehingga, iman kepada Allah SWT pun semakin meningkat.

2. Meningkatkan keimanan kepada para Nabi

Iman kepada Nabi, termasuk dalam rukun iman, sehingga wajib untuk diketahui dan diimani. Mengamalkan rukun iman akan membuat keimanan seseorang menjadi semakin meningkat. Karena itu, dengan melantunkan doa kanzul arsy, maka Anda akan bisa meningkat keimanan kepada para Nabi. Sebab, dalam doa tersebut banyak kata yang mengingatkan pada para Nabi, seperti Ismail, Ibrahim, Muhammad, dan nama Nabi lainnya.

3. Allah menghapuskan dosa-dosa

Sebagai makhluk hidup, manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Di mana, dosa tersebut diperoleh dari kelakuan buruk manusia selama hidup. Perlu diketahui, selama hidup manusia akan dicatat amalan baik dan buruknya, di mana kedua hal tersebut tidak satu manusia pun tahu berapa jumlahnya. Untuk itu, ada baiknya selalu melantunkan kanzul arasy agar dosa dosa diampuni.

4. Membantu menyehatkan orang sakit

Ketika sedang sakit, pastinya akan melakukan segala hal untuk bisa sembuh. Allah memberikan penyakit yang pasti ada obat penyembuhnya, sehingga meminta kesembuhan sebaiknya hanya kepada Allah SWT. Selain meminta kesembuhan dari bantuan Allah melalui dokter, Anda juga bisa meminta kesembuhan dengan selalu memanjatkan doa kepada Allah. Dan, doa kanzul arsy adalah salah satu doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta kesembuhan dari sakit.

5. Pahalanya ditulis seribu kali

Pahala adalah imbalan yang diberikan kepada umat yang melakukan kebaikan. Sehingga, semua orang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pahala tersebut, dengan melakukan segala perintah dan menjauhi larangan yang ditentukan Allah SWT. Saat menjalankan perintah Allah SWT dengan tulus, niscaya Allah akan memberikan pahala yang berlimpah. Namun, jika ditambahkan dengan membaca kanzul arasy, pahala tersebut akan ditulis 1.000 kali lipat.

6. Dikabulkan doa dan hajat

Segala sesuatu di dunia ini sudah diatur Allah SWT. Terkadang, tidak semua rencana manusia akan sesuai dengan rencana Allah. Karena itu, agar rencana dan hajat dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya meminta ridho dari Allah SWT. Selain itu, jangan lupa untuk membaca doa kanzul arsy, sebab dengan memanjatkan doa tersebut dipercaya akan dikabulkan doa dan hajat bagi seseorang yang istiqamah.

Itulah enam keutamaan yang bisa didapatkan, setelah membaca doa kanzul arasy. Namun, sebenarnya masih banyak lagi keutamaan yang bisa didapatkan dari membaca doa tersebut, seperti dijauhkan dari kekafiran, kemudian Allah akan memberikan cahaya terang di wajah, serta akan dimudahkan dalam melewati sirotol mustaqim pada hari kiamat. Semoga informasi dalam ulasan ini bermanfaat. Wallahu a’lam bis shawab.

You May Also Like
Jumlah-Para-Nabi-dan-Rasul
Read More

Jumlah Para Nabi dan Rasul

Iman kepada para Nabi dan Rasul merupakan salah satu landasan keimanan. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman: قُلْ آمَنَّا بِاللَّهِ…
Apa-Itu-Kitab-Kuning
Read More

Apa Itu Kitab Kuning?

Kitab kuning merupakan istilah yang digunakan sebagian masyarakat untuk menyebut  kitab-kitab berbahasa Arab. Sejak masa silam, kitab-kitab berbahasa Arab ini biasa…